Membuka pendaftaran English & Computer di LPIA Margonda Depok Telp : 021 - 7774443

Senin, 29 Oktober 2018

Konversi Tipe Data Variable Java

Variable di Java

Setiap data memiliki informasi yang khas. Informasi inilah yang membedakan suatu data dengan data yang lain. Informasi yang dimiliki oleh suatu data antara lain data type atau tipe data, variable name atau nama variable dan value atau nilai.
Tipe data adalah jenis suatu data. Jenis data bisa berupa bilangan bulat, bilangan pecahan, karakter dan sebagainya. Nama Variable adalah nama suatu data. Nama inilah yang merupakan ciri pembeda utama suatu data dengan data lainnya. Nilai adalah harga suatu data. Nilai inilah yang nantinya dioperasikan saat program berjalan.
Secara umum tipe data dibagi dua, yaitu tipe dasar atau primitive data type dan tipe bentukan atau user defined type. Tipe dasar adalah tipe yang sudah tersedia dalam suatu bahasa pemrograman, misalnya bilangan bulat (integer), bilangan pecahan (real), tetapan atau konstanta (const), karakter (char), kalimat (string) dan logika (boolean). Sedangkan tipe bentukan adalah tipe yang dibuat sendiri dengan menggabungkan tipe dasar, misalnya larik (array).
Data TypeDefault Value (for fields)
byte0
short0
int0
long0L
float0.0f
double0.0d
char'\u0000'
String (or any object)  null
booleanfalse