Membuka pendaftaran English & Computer di LPIA Margonda Depok Telp : 021 - 7774443

Sabtu, 13 Oktober 2018

Fitur Editor Netbeans

netbeans

Ketika seorang siswa mulai belajar bahasa pemrograman untuk pertama kalinya. Penting bahwa siswa berkonsentrasi pada algoritma dan struktur dasar bahasa pemrograman. Dan bahwa siswa tidak terganggu oleh syntax. Untuk mengatasi hal ini, NetBeans editor menawarkan fitur yang komprehensif, yang membantu siswa menulis kode program. Di bawah ini adalah beberapa fitur editor yang paling penting.

Code completion

Ketik package atau nama class, dan titik (.), lalu muncul popup yang secara bertahap menampilkan semua class atau method dalam konteks. Anda dapat memilihnya menggunakan tombol panah di keyboard, mouse, atau mempersempit saran completion dengan terus mengetik.
Tip: IDE tersedia dengan database yang menampilkan semua package default JDK, termasuk Swing. Code completion juga berfungsi dengan class yang sedang Anda edit. Untuk menambahkan class ke database parser, klik kanan package di Explorer dan pilih Tools | Update Parser Database.

Syntax coloring

Netbeans akan menampilkan elemen bahasa pemrograman yang berbeda dalam warna yang berbeda. Warna dan font dapat dikonfigurasi di Project | Settings | Editor Settings | Java Editor.

Abbreviations

Makro pendek dalam Netbeans yang diperluas saat Anda menekan tombol spasi. Misalnya, untuk mengetik perintah System.out.printl(" cukup ketik sout dan tekan tombol spasi. Abbreviations benar-benar dapat dikonfigurasi, juga di Project | Settings | Editor Settings.

Code formatting

Pemformatan otomatis dapat dikonfigurasikan ke coding style yang Anda inginkan (indent, tanda kurung pada baris yang sama atau berikutnya, dan lain-lain). Untuk memformat code ke parameter ini, klik kanan di window editor dan pilih Reformat Code dari context menu.

Selection tracking in the Properties window

Saat Anda memindahkan insertion point atau cursor di editor, window Properties akan melacak anggota class yang sedang Anda edit, dan menampilkan property dari method atau class tersebut.

Shortcuts for formatting, etc

Ada keyboard shortcut untuk hal-hal seperti comment / menghapus comment blok code dan tindakan berguna lainnya di dalam editor. Keyboard shortcut dapat dikonfigurasi di Tools | Global Options | Editor Settings | Java Editor | Key Bindings.
Keyboard shortcut di editor sebagai modul yang sepenuhnya dapat diganti dalam IDE. Ada pilihan keyboard shortcut Emacs di editor Netbeans dan integrasi keybaord shortcut editor lainnya juga dapat anda tambahkan sendiri.

Referensi:
https://edu.netbeans.org/